Resep Sayur asem Yang Renyah

Sayur asem. Sayur asem termasuk sajian favorit banyak orang. Selain mudah dibuat, sayur asem juga sangat menyegarkan. Penggunaan asam jawa sebagai salah satu bahan menjadi ciri khas sayur asem.

Sayur asem Sayur asem or sayur asam is an Indonesian vegetable soup. It is a popular Southeast Asian dish, consisting of vegetables in tamarind soup. The sweet and sour flavour of this dish is considered refreshing and very compatible with fried or grilled dishes, including salted fish, ikan goreng. Cara membuatnya tidak sulit Sayur asem menggunakan 17 bahan dan 3 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Sayur asem

  1. Dibutuhkan 50 gr kacang tanah rebus.
  2. Siapkan 50 gr melinjo.
  3. Dibutuhkan 50 gr kacang endul (me:skip).
  4. Siapkan 2 buah jagung manis potong kecil.
  5. Siapkan 10 buah labu Siam potong kotak.
  6. Dibutuhkan 5 batang kacang panjang potong UK 4cm.
  7. Dibutuhkan 1000 ml air.
  8. Siapkan 3 buah asam jawa.
  9. Dibutuhkan 2 buah gula merah (sesuai selera).
  10. Dibutuhkan 1 lembar daun salam.
  11. Dibutuhkan 3 cm lengkuas geprek.
  12. Siapkan Bumbu yang dihaluskan:.
  13. Dibutuhkan 1 buah cabe buang bijinya.
  14. Siapkan 3 butir kemiri sangrai.
  15. Siapkan 3 buah bawang merah.
  16. Siapkan secukupnya Garam gula pasir.
  17. Dibutuhkan Seujung jari terasi bakar.

Resep Sayur Asem - Sayur asem merupakan salah satu sayur yang mudah dimasak dan Berbagai cara memasak sayur asem dihadirkan di sini. Sayur asem merupakan gabungan dari dua kata yaitu sayur dan asem. Kata sayur berasal dari bahasa Indonesia yang mempunyai arti yaitu masakan yang berkuah. Sayur asam atau sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia.

Langkah Pembuatan Sayur asem

  1. Potong-potong sayur cuci bersih. Kacang tanah rebus terlebih dahulu. Tiriskan..
  2. Didihkan air masukan melinjo, jagung lengkuas,salam,.
  3. Masukan kacang tanah,labu, kacang panjang masak sampai empuk masukan asam,gula merah,garam,gula pasir, dan bumbu halus cek rasa..

Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin. Resep sayur asem banyak ditemukan di berbagai daerah seperti Jakarta, Jawa Timur, Sunda, dan Jawa Tengah. Masakan ini terkenal akan rasanya yang segar dan bahan-bahannya mudah didapat. Sayur Asem sebenarnya sejenis sup khas Indonesia dengan ramuan bumbu berupa asam jawa dan bawang merah. Isian sayurannya beragam sebagaimana sup pada umumnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Sayur asem Yang Renyah"

Posting Komentar

close