Resep Opor ayam Yang Gurih

Opor ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Resep Opor Ayam - Opor ayam adalah salah satu masakan khas Indonesia yang menjadi hidangan khas lebaran.

Opor ayam Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Lihat juga resep Opor Ayam Kuah Putih enak lainnya. Cara membuatnya tidak susah Opor ayam menggunakan 13 bahan dan 8 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Opor ayam

  1. Siapkan 1/2 ekor ayam.
  2. Siapkan Jeruk nipis.
  3. Siapkan 6 bawang merah.
  4. Dibutuhkan 3 bawang putih.
  5. Dibutuhkan 2 sdt ketumbar.
  6. Dibutuhkan 3 cm kunyit bakar.
  7. Siapkan 1/2 jempol lengkuas.
  8. Siapkan 2 daun salam.
  9. Siapkan 3 daun jeruk yg masih nempel 2.
  10. Siapkan 1 sereh geprek.
  11. Dibutuhkan Bawang goreng.
  12. Dibutuhkan Garam,Royco.
  13. Dibutuhkan Santan sunkara.

Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi. Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang. Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri.

Langkah Pembuatan Opor ayam

  1. Cuci bersih ayam lumuri dg jeruk nipis+sedikit garam sambil diaduk² supaya lendir.ny hilang,diamkan sebentar lalu bilas.
  2. Rebus ayam sebentar saja ½ matang.
  3. Haluskan bumbu halus, tumis.
  4. Masukkan ayam.ny aja k bumbu yg sdh ditumis.
  5. Tambahkan air,tambahkan garam,royco cek rasa.
  6. Tunggu hingga matang.
  7. Jika sudah mendidih tambahkan sunkara cek rasa lagi.
  8. Tambahkan bawang goreng, matikan kompor Selesai.

Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat. Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan, yaitu ayam rebus yang dimasak dengan menggunakan bumbu kental dari santan yang lalu ditambahkan dengan. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Opor ayam Yang Gurih"

Posting Komentar

close