Langkah Memasak Sayur Asem Yang Gurih

Sayur Asem. Sayur asem termasuk sajian favorit banyak orang. Selain mudah dibuat, sayur asem juga sangat menyegarkan. Penggunaan asam jawa sebagai salah satu bahan menjadi ciri khas sayur asem.

Sayur Asem Sayur asem or sayur asam is an Indonesian vegetable soup. It is a popular Southeast Asian dish, consisting of vegetables in tamarind soup. The sweet and sour flavour of this dish is considered refreshing and very compatible with fried or grilled dishes, including salted fish, ikan goreng. Cara membuatnya tidak sulit Sayur Asem menggunakan 16 bahan dan 3 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Sayur Asem

  1. Dibutuhkan 5 batang kacang panjang, potong-potong 5cm.
  2. Siapkan 1/2 buah labu siam.
  3. Siapkan 1 buah jagung manis.
  4. Dibutuhkan 1 genggang daun melinjo.
  5. Dibutuhkan 4 buah cabe hijau.
  6. Siapkan 5 sdm larutan asem jawa kental.
  7. Dibutuhkan 3 lembar daun salam.
  8. Dibutuhkan 1 ruas lengkuas, geprek.
  9. Dibutuhkan 5 siung bawang merah.
  10. Dibutuhkan 2 siung bawang putih.
  11. Dibutuhkan 5 buah cabe merah kriting.
  12. Dibutuhkan 2 buah kemiri.
  13. Dibutuhkan 1 buah trasi.
  14. Siapkan 1 sdm gula merah sisir.
  15. Dibutuhkan 1/2 sdm garam.
  16. Siapkan 750 ml air.

Resep Sayur Asem - Sayur asem merupakan salah satu sayur yang mudah dimasak dan Berbagai cara memasak sayur asem dihadirkan di sini. Sayur asem merupakan gabungan dari dua kata yaitu sayur dan asem. Kata sayur berasal dari bahasa Indonesia yang mempunyai arti yaitu masakan yang berkuah. Sayur asam atau sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia.

Langkah Pembuatan Sayur Asem

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, dan trasi. Serta Potong semua sayuran..
  2. Tuangkan air pada wajan, masukkan labu dan jagung. Jika sudah mendidih, masukkan salam dan sereh, tunggu sampai labu dan jagung mulai empuk, masukkan kacang panjang, daun melinjo dan cabe hijau..
  3. Jika sayur mulai matang, masukkan bumbu halus, air asam jawa, gula dan garam. Tutup sampai sayuran benar-benar matang. Angkat dan sajikan..

Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin. Resep sayur asem banyak ditemukan di berbagai daerah seperti Jakarta, Jawa Timur, Sunda, dan Jawa Tengah. Masakan ini terkenal akan rasanya yang segar dan bahan-bahannya mudah didapat. Sayur Asem sebenarnya sejenis sup khas Indonesia dengan ramuan bumbu berupa asam jawa dan bawang merah. Isian sayurannya beragam sebagaimana sup pada umumnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Memasak Sayur Asem Yang Gurih"

Posting Komentar

close