Cara Membuat Cilok Legit dan Nikmat

Cilok. Cilok (Aksara Sunda Baku: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Lihat juga resep Cilok enak anti gagal, Cilok enak lainnya. Узнать причину. Закрыть.

Cilok Cara Membuat Aneka Resep Cilok Bandung Empuk, Kenyal, Tahan Lama Dengan Bumbu kacang dan Cilok Kuah - Kudapan ini merupakan singkatan dari aci dicolok, yaitu cemilan sederhana terbuat dari. Cilok menjadi camilan favorit bagi semua kalangan. Rasanya yang gurih dan kenyal sangat menggugah selera. Cara membuatnya tidak susah Cilok menggunakan 24 bahan dan 6 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Cilok

  1. Siapkan ~ 100 gr tepung tapioka/kanji.
  2. Siapkan ~ 100 gr terigu.
  3. Dibutuhkan ~ 180 ml air panas mendidih.
  4. Dibutuhkan ~ 1/2 sdt kaldu bubuk.
  5. Dibutuhkan ~ 3/4-1 sdt garam.
  6. Siapkan ~ 2 siung bawang putih, haluskan (me : bawang putih bubuk ½ sdt).
  7. Siapkan ~ 2 btg daun bawang (daunnya saja), diiris. Tadi aku nggak pakai.
  8. Siapkan Bahan Sambal Kacang :.
  9. Dibutuhkan ~ 100 gr kacang tanah.
  10. Siapkan ~ 1 siung bawang putih.
  11. Dibutuhkan ~ 3 bh cabe merah keriting.
  12. Dibutuhkan ~ 3 bh cabe rawit (sesuai selera).
  13. Siapkan ~ 25 gr gula merah.
  14. Siapkan ~ Garam.
  15. Dibutuhkan ~ Kecap manis.
  16. Siapkan Bahan Kuah :.
  17. Dibutuhkan ~ 2 bh cabe merah keriting (sesuai selera), haluskan.
  18. Dibutuhkan ~ 1 siung bawang putih, haluskan.
  19. Dibutuhkan ~ 2 btr bawang merah, haluskan.
  20. Dibutuhkan ~ 250 ml air.
  21. Siapkan ~ 1 sdt kecap manis.
  22. Siapkan ~ ½ sdt gula pasir.
  23. Siapkan ~ Garam.
  24. Dibutuhkan ~ ½ sdt kaldu bubuk.

Bagaimana resep dan cara membuat cilok? Resep Cara Membuat Cilok - Resep dari cara membuat cilok sama sekali tidak sulit. Makanan ini juga termasuk ke dalam makanan yang paling mudah dan sederhana cara pembuatannya. cilok. You need a way to make the right cilok so that the taste and aroma become one of the delicious Therefore, as a curious person, please try this cilok recipe.

Cara Pembuatan Cilok

  1. Rebus air, garam, kaldu bubuk & bawang putih halus sampai mendidih. Karna aku pakai bawang putih bubuk jd tidak direbus bersama air, langsung dicampur saja dengan tepung..
  2. Siapkan wadah, masukkan terigu, tapioka, irisan daun bawang. Aduk. Tuang air panas mendidih tadi, aduk rata dengan sendok sampai bisa dibentuk dan tidak lengket. Boleh dengan tangan tp sebentar saja & jangan terlalu kuat menguleni, nanti bisa keras ciloknya. Bentuk adonan jd bulat² kecil..
  3. Siapkan air secukupnya di panci, beri 1 sdm minyak. Setelah mendidih rebus cilok hingga mengapung. Setelah mengapung diamkan dulu beberapa menit agar benar² matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan bumbu kacang atau sesuai selera..
  4. Sambal kacang : goreng kacang, bawang putih dan cabe hingga matang lalu haluskan. Tambahkan gula, garam dan kecap manis. Aduk rata. Sajikan cilok dengan sambal kacang..
  5. Kuah : tumis bawang merah, bawang putih & cabe merah yg sudah dihaluskan sampai wangi. Tambahkan air, lalu masukkan gula, garam, kecap dan kaldu bubuk. Masak sampai mendidih. Angkat. Sajikan dengan cilok..
  6. Note : kadang adonan ciloknya kucampur dengan ebi yg sudah disangrai dan dihaluskan 1 sdm munjung. Diacampur saja dengan tepung lalu bahan lainnya..

To be able to try to make it, refer to the. Mulai dari cilok bumbu kacang yang gurih hingga cilok daging yang pedasnya nendang, inilah kreasi resep cilok terenak dan cara membuatnya. Saat ini, cilok telah mencapai puncak popularitasnya. Resep Cilok - Cilok merupakan salah satu jajanan/ makanan tradisional Indonesia. Ada berbagai macam resep cilok agar cita rasa makanan berbentuk bulat ini tak monton.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Cilok Legit dan Nikmat"

Posting Komentar

close