Langkah Memasak Sambel Goreng "Khas Cirebon" Kekinian

Sambel Goreng "Khas Cirebon". Sambal goreng hati memang gak ada matinya yah., Lauk yang selalu menggugah selera dan selalu bisa buat nambah nasi. Cabai goreng, lumuri cabai merah besar dengan garam. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas.

Sambel Goreng "Khas Cirebon" Mulai dari tahu gejrot hingga nasi jamblang siap memanjakan Kota Cirebon, sebuah kota di jawa barat yang terkenal dengan udangnya, ternyata juga memiliki hal lain yang juga bisa menarik. Ternyata, setelah saya mencoba mencicipinya, Resep Empal Gentong khas Cirebon ini merupakan salah satu variasi masakan Soto yang menggunakan campuran daging sapi, babat, limpa sapi dan jeroan sapi yang lain sebagai isi utamanya. Sambel goreng daging ini khas masakan cirebon dan biasa disajikan di rumah kami hanya pada moment istimewa misalnya. Cara membuatnya tidak susah Sambel Goreng "Khas Cirebon" menggunakan 14 bahan dan 8 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Sambel Goreng "Khas Cirebon"

  1. Siapkan 1/4 kg daging sapi.
  2. Siapkan 1/4 kg kentang.
  3. Siapkan 1/2 kg cabe merah besar.
  4. Dibutuhkan Gula.
  5. Dibutuhkan Garam.
  6. Siapkan Minyak untuk menggoreng.
  7. Siapkan Salam.
  8. Dibutuhkan Sereh.
  9. Dibutuhkan Daun jeruk.
  10. Siapkan Bumbu halus.
  11. Siapkan 8 siung bawang merah.
  12. Dibutuhkan 3 siung bawang putih.
  13. Dibutuhkan 5 cabe merah.
  14. Siapkan 5 sendok Minyak.

Ciri khas makanan nasi jamblang Cirebon ini adalah Nasi campur dengan penggunaan daun Jati sebagai bungkus nasi atau alas nasi di piring saji Nasi dilengkapi dengan lauk pauk seperti sate telur puyuh, balakutak cumi hitam, sambal goreng pedas, dll. Bawang goreng Cirebon yang beda dari biasanya. Cirebon selama ini dikenal dengan kuliner khasnya yaitu nasi jamblang. Ternyata masih banyak harta karun kuliner khas Cirebon yang menarik untuk dicoba.

Langkah Pembuatan Sambel Goreng "Khas Cirebon"

  1. Bersihkan cabe merah dan buang bijinya, lalu iris memanjang..
  2. Goreng cabe dengan minyak panas lalu tiriskan..
  3. Rebus daging sampai empuk, setelah itu dinginkan dan potong-potong.
  4. Kupas dan bersihkan kentang, potong-potong kecil lalu goreng dengan minyak panas. Tiriskan..
  5. Haluskan bumbu, bisa diulek bisa juga pakai blender. Kalau pake blender jangan tambahkan air, tapi tambahkan minyak. Tumis bumbu sampai harum..
  6. Setelah bumbu matang dan harum masukkan daging yang sudah direbus dan dipotong-potong. Tumis sebentar lalu masukkan air..
  7. Jangan lupa masukkan daun salam, sere dan daun jeruk, garam, dan gula. Tunggu sampai mendidih dan masukkan kentang dan cabe. Aduk rata..
  8. Masak sampai matang, lalu koreksi rasa. Nnahhh kalau saya sampai airnya menyusut dan minyaknya keluar. Mantaaapppp.

Travel Blog Reservasi - Makanan khas Cirebon sangat beragam. Sebut saja empal gentong atau nasi jamblang yang sudah Tak salah jika dua makanan khas Cirebon ini cukup mudah untuk didapatkan di kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Mulai dari tempe goreng, sayur tahu, sambal goreng yang terbuat dari irisan cabai dan cumi hitam, yang disajikan Nasi Jamblang merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang diburu warga lokal dan kini wisatawan yang semakin banyak berkunjung ke daerah. Berbeda dari daerah lainnya, terasi khas Cirebon terbuat dari udang rebon asli yang sebagiannya masih diolah dengan cara tradisional. Dijamin, sambelnya yang pedes, bisa langsung menambah selera.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Memasak Sambel Goreng "Khas Cirebon" Kekinian"

Posting Komentar

close