Langkah Membuat Katiri sallang ketan hitam Yang Enak

Katiri sallang ketan hitam. Cara membuat tape ketan hitam : Beras ketan hitam dicuci bersih, lalu rendam semalam. Tiriskan lalu kukus hingga setengah matang. Beras ketan hitam direndam dulu karena beras ketan hitam lebih keras, dengan direndam supaya lembut.

Katiri sallang ketan hitam Bubur Ketan Hitam adalah bubur yang menggunakan beras ketan hitam sebagai bahan utama. Bubur ini memiliki rasa manis dan dalam penyajian diberikan santan yang memiliki cita. Dengan mengonsumsi tape ketan hitam ini dapat mencegah penuan dini pada anda. Cara membuatnya cukup mudah Katiri sallang ketan hitam menggunakan 13 bahan dan 8 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Katiri sallang ketan hitam

  1. Dibutuhkan Lapisan ketan hitam.
  2. Siapkan 500 gr Beras ketan hitam.
  3. Siapkan 500 ml santan kelapa sedang.
  4. Dibutuhkan 1/2 sdm garam.
  5. Siapkan 3 lembar daun pandan (kecil).
  6. Dibutuhkan Lapisan gula merah.
  7. Siapkan 1/4 gula merah (dari 1 butir gula merah sinjai).
  8. Siapkan 150 ml air (untuk gula merah).
  9. Dibutuhkan 2 lembar daun pandan (kecil).
  10. Dibutuhkan 400 ml santan kental.
  11. Dibutuhkan 6 sdm tepung beras putih.
  12. Dibutuhkan 6 sdm tepung terigu.
  13. Dibutuhkan 3 butir telur.

Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan tape ini memilki antioksidan yang mampu memperbaiki kerusakan jaringan kolagen dengan cepat. Kalau pake tepung ketan hitam bisa gak? Bubur candil/katiri mandi sederhana dan enak. Namun, banyak sekali yang mengalami kegagalan dalam pembuatan tape ketan ini.

Langkah Pembuatan Katiri sallang ketan hitam

  1. Cuci bersih beras ketan hitam. Rendam selama 1-2 jam..
  2. Masak setengah matang ketan hitam menggunakan wajan kemudian kukus hingga masak. (Caranya : panaskan wajan masukkan santan kelapa sedang dan daun pandang kemudian masukkan pula beras dan garam. Aduk sesekali hingga air santan menyusut)..
  3. Tata dalam talang. Pakai model ini jadinya 2 talang ya..
  4. Panaskan air masukkan gula merah dan daun pandang. Sesekali di aduk hingga mendidih dan gula merahnya mencair semua. Saring..
  5. Untuk lapisan gula merahnya. Masukkan 3 butir telur kocok rata. Tambahkan santan aduk. Masukkan lagi tepung beras dan tepung terigu. Aduk hingga tercampur rata. Terakhir masukkan cairan gula merahnya. Aduk kemudian saring..
  6. Bagi menjadi 2 bagian lapisan gula merahnya untuk 2 porsi talang. Tuang dalam talang yang telah diisi ketan hitam..
  7. Kukus hingga masak (+- 30 menit pertalang)..
  8. Siap di sajikan 😍.

Terakhir, tape ketan hitam siap dihidangkan dan dinikmati. Supaya rasanya alami bungkus ketan hitam dengan daun pisang ataupun daun jambu air. Tape ketan hitam dapat dimakan secara langsung sebagai cemilan atau dijadikan makanan pendamping ketika minum teh. Resep 'bubur ketan hitam' paling teruji. galuhkts. Habis pulang kampung, terus dibawain ketan hitam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Membuat Katiri sallang ketan hitam Yang Enak"

Posting Komentar

close