Cara Memasak Cilok sapi sambal kacang Yang Renyah

Cilok sapi sambal kacang. Cilok atau pentol rasa bakso daging sapi, disajikan dengan sambal kacang bisa juga disajikan dengan kuah kaldu ya. Untuk Resep dan bahan-bahan nya silahkan. Tetapi walaupun tanpa isian, tak mengurangi kenikmatan rasa dari cilok itu sendiri.

Cilok sapi sambal kacang Cilok sudah sangat familiar untuk masyarakat Indonesia. Tidak hanya di daerah asalnya saja yaitu Bandung, penjual cilok juga bisa dengan mudah Anda temui di berbagai daerah. Bahkan jajanan ini tidak hanya dijual oleh. Cara membuatnya cukup mudah Cilok sapi sambal kacang menggunakan 17 bahan dan 6 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Cilok sapi sambal kacang

  1. Dibutuhkan 200 gr tepung terigu.
  2. Dibutuhkan 200 gr tepung tapioka.
  3. Dibutuhkan Secukupnya garam,gula,merica bubuk.
  4. Siapkan Secukupnya daun bawang (iris tipis).
  5. Siapkan 4 siung bawang putih (haluskan).
  6. Siapkan 160 ml air panas.
  7. Siapkan Secukupnya daging sapi (yang sudah diiris dadu dan direbus).
  8. Siapkan Saos Kacang :.
  9. Siapkan 140 gr kacang tanah (goreng).
  10. Siapkan 5 buah/sesuai selera cabe rawit (goreng).
  11. Dibutuhkan 2 buah cabe merah (goreng).
  12. Dibutuhkan 8 buah bawang putih,ukuran sedang (goreng).
  13. Dibutuhkan 2 lembar daun jeruk.
  14. Dibutuhkan 70 gr gula jawa.
  15. Siapkan Secukupnya asam jawa.
  16. Siapkan Secukupnya garam & kecap manis.
  17. Siapkan Secukupnya air.

Langkah pertama dalam membuat cilok sambal kacang adalah membuat adonan ciloknya terlebih dahulu. caranya tergolong sangat mudah. Haluskan semua bahan membuat sambal kacang, kecuali air. Kamu bisa menghaluskannya dengan blender ataupun diulek. Rahasia saus sambal kacang cilok agar enak cara membuat saus kacang sambal cilok dan siomay.

Langkah Pembuatan Cilok sapi sambal kacang

  1. Siapkan wadah, masukkan semua bahan kecuali daun bawang dan masukkan air panas sedikit demi sedikit(tidak semuanya)jika dirasa sudah tercampur dan sudah bisa dibentuk, masukkan daun bawang lalu aduk lagi sampai rata.
  2. Ambil sedikit adonan (sekitar 1 sdt teh) bulatkan dan pipihkan, beri isian daging sapi(sesuai selera) lalu bulatkan lagi.
  3. Didihkan sekitar (1 liter air) dan beri 2 sdm minyak goreng. Masukkan bulatan adonan cilok dan biarkan sampai mengapung (tanda sudah matang). Tiriskan.
  4. Blender semua bahan saos kacang/sambal kacang. Kecuali, daun jeruk, gula jawa, garam.
  5. Masak sambal kacang masukkan gula jawa, daun jeruk, garam(jika suka manis boleh tambah kecap manis). Masak sampai matang dan air sedikit menyusut..
  6. Tata cilok dan sambal dipiring saji :).

Resep Bumbu kacang saus kacang untuk cilok batagor amp siomay. Selain cilok polos dengan bumbu kacang, banyak pembuat cilok membuat variasinya dengan menambahkan daging ke dalam bola-bola tepung tapioka ini. Versi yang tak kalah menggoda adalah bakso cilok yang penyajiannya seperti bakso kuah. Adonan cilok dicampur dengan daging sapi. Sambal kacang yang kita bahas kali ini diolah dengan campuran bahan lain yang pastinya akan menambah kenikmatan sambal itu sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasak Cilok sapi sambal kacang Yang Renyah"

Posting Komentar

close