Cara Membuat Widaran Tepung Ketan Legit dan Nikmat

Widaran Tepung Ketan. Kepingin widaran keju tepung ketan atau biasa disebut telur gabus sebagai cemilan, dan niatnya nanti dijadikan sebagai kue lebaran karena renyah dan enak rasanya. Ini cemilan simpel dan praktis buat. Ada dua jenis tepung beras ketan di Indonesia, yakni tepung ketan putih dan tepung ketan hitam.

Widaran Tepung Ketan Klepon Original (full tepung ketan) enak lainnya. Yap, tepung ketan adalah tepung yang dibuat dari beras ketan putih atau beras ketan hitam yang ditumbuk hingga Fungsi. Tepung ketan digunakan sebagai salah satu bahan pembuat makanan. Cara membuatnya cukup mudah Widaran Tepung Ketan menggunakan 6 bahan dan 7 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Widaran Tepung Ketan

  1. Dibutuhkan 230 gram tepung ketan.
  2. Dibutuhkan 2 butir telur utuh.
  3. Siapkan 1 butir putih telur.
  4. Siapkan 30 gram margarin (2 sdm).
  5. Dibutuhkan 1/4 sdt garam.
  6. Siapkan 1 sdt kaldu bubuk.

Campur tepung ketan, garam, keju, air dan kuning telur, aduk rata. Masukkan putih telur kocok Untuk proses penyimpanan kue widaran keju di dalam toples, pastikan ketika menyimpan kue dalam. Resep Kue Widaran Keju enak dan mudah untuk dibuat. Di sini ada cara membuat yang jelas dan mudah diikuti.

Langkah Pembuatan Widaran Tepung Ketan

  1. Ayak tepung ketan, tambahkan garam dan kaldu bubuk aduk2 sampai rata. Masukkan kocokan telur, aduk2 dengan spatula kemudian tambahkan margarin, uleni sampai kalis/tidak lengket..
  2. Siapkan minyak didalam wajan, bentuk adonan dengan cara diplintir kemudian cemplungkan kedalam minyak di suhu ruang. Lakukan sampai minyak merendam banyak adonan..
  3. Goreng dengan api sedang, setelah semua widaran nya naik kecilkan api lalu aduk2 supaya matangnya merata..
  4. Ciri2 widaran sudah matang yaitu teksturnya mengeras, kalo ditekan pakai spatula tidak penyok, kemudian buih2 minyak berkurang. Setelah matang angkat lalu tiriskan..
  5. Diamkan minyak sampai dingin atau cukup sampai hangat kuku, kurang lebih diamkan selama 15 menit. Setelah minyak agak dingin ulangi plintir2 adonan lalu goreng seperti langkah sebelumnya. Kalo saya dari semua adonan dibagi jadi 3x goreng, jadi hanya 2x dinginkan minyak..
  6. Seperti ini teksturnya mulus..
  7. Bagian dalamnya lebih berongga. Empuk dan renyah😂😂😂. Kalo mau hasilnya lebih berongga dan lebih ngembang lagi tinggal dibanyakin putih telur, nanti hasilnya jadi ringan banget kayak kerupuk. Kalo saya sih lebih suka kayak gini aja pas empuk dan renyahnya..

Dari bentuknya kue widaran keju mirip dengan kue telur gabus. Masukkan tepung ketan yang sebelumnya sudah di ayak bersama baking powder dan soda kue sambil diaduk rata. Kemudian bentuk adonan bulat (jadi kue keciput bulat), bulat memanjang (kue keciput. Campurkan tepung ketan dengan kocokan telur dan garam menjadi satu dalamsatu wadah Masukkan kue widaran kedalam rebusan gula sambil diaduk hingga merata Kue widaran manis siap untuk disajikan Tepung Ketan Tepung ketan memiliki warna putih dan teksturnya hampir mirip dengan tepung beras. Perbedaannya adalah jika diraba tepung ketan terasa lebih berat dan melekat di tangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Widaran Tepung Ketan Legit dan Nikmat"

Posting Komentar

close