Resep Gemblong Tepung Ketan Hitam Anti Ribet

Gemblong Tepung Ketan Hitam. Resep Gemblong Beras Ketan Dan Kue Gemblong Ketan Hitam Lengkap Cara Membuatnya Supaya Empuk. Ketan Gemblong adalah cemilan tradisional atau jajanan pasar yang mempunyai bentuk seperti bola lonjong yang dilumuri dengan gula merah atau besta dan terbuat dari tepung beras. Kue gemblong terbuat dari bahan dasar tepung ketan putih,ketan hitam dan bahan penunjang lainnya, cara membuatnya pun cukup sederhana.

Gemblong Tepung Ketan Hitam Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Gemblong merupakan makanan tradisional yang dibuat dari ketan dan lapisan gula merah yang sangat legit. Akan tetapi ada juga yang terbuat dari tepung beras hitam dan singkong. Cara membuatnya cukup mudah Gemblong Tepung Ketan Hitam menggunakan 10 bahan dan 4 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Gemblong Tepung Ketan Hitam

  1. Siapkan 500 gr tepung beras ketan.
  2. Dibutuhkan 125 gr tepung ketan hitam.
  3. Dibutuhkan 100 gr tepung kanji.
  4. Siapkan 1/4 kelapa parut dari 1 btr kelapa.
  5. Siapkan 20 gr ragi instan (his).
  6. Siapkan 1/2 sdm garam.
  7. Dibutuhkan 500 ml air hangat.
  8. Siapkan 200 gr gula merah.
  9. Siapkan 100 gr gula pasir.
  10. Siapkan secukupnya minyak buat menggoreng.

Di Jawa Timur, gemblong yang terbuat dari tepung beras ketan hitam dikenal sebagai getas. Meski tepung putih lebih sering dipakai, tapi tepung ketan hitam pun tak kalah nikmatnya. Resep kue dari tepung beras ketan ada berbagai macam Biasanya, gemblong ketan putih dilapisi cairan gula merah, sementara gemblong hitam diberi cairan gula pasir. Gemblong adalah salah satu jenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar.

Cara Pembuatan Gemblong Tepung Ketan Hitam

  1. Siapkan air hangat masukkan ragi instan goyang" agar ragi instan terendam sisihkan biarkan sampai mengembang.
  2. Siapkan wadah yang agak besar campur semua bahan tepung tambahkan kelapa parut dan garam setelah ragi mengembang tuangkan kedalam tepung aduk hingga tercampur rata tutup dengan kain bersih diamkan selama kurang lebih 20 menit hingga mengembang.
  3. Setelah mengembang panaskan minyak goreng secukupnya ambil 1 sdm adonan goreng hingga kering lakukan sampai adonan habis sisihkan.
  4. Siapkan penggorengan lalu masukkan gula merah dan gula pasir tambahkan sedikit air jangan terlalu banyak agar gemblong langsung kering nyalakan api kecil ganting gula hingga larut dan kental setelah gula kental masukkan gemblong yang sudah di goreng aduk hingga gula tercampur rata matikan api angkat.

Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola. gemblong ketan hitam. Bahan-bahan/bumbu-bumbu Aduk rata tepung ketan hitam, kelapa parut kasar, dan garam. Tuang santan hangat sedikit-sedikit sambil diaduk sampai bergumpal. Klepon terbuat dari tepung ketan dan tepung beras yang diuleni sampai kalis. Adonan tersebut dibentuk bulat-bulat kecil dan diberi isi gula merah kemudian direbus ke dalam air mendidih hingga matang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Gemblong Tepung Ketan Hitam Anti Ribet"

Posting Komentar

close