Cara Membuat Lupis Ketan Untuk Pemula

Lupis Ketan. Lihat juga resep Lupis Ketan Putih enak lainnya. Siapkan beras ketan, taburi dengan garam, campurkan secara merata. Ambil ketan hitam secukupnya, bungkus dengan daun pisang dan bentuk segitiga.

Lupis Ketan Tiriskan, lanjut bungkus sedikit-sedikit dengan daun pisang dan membentuk segitiga. Jika ketan sudah matang, angkat, tiriskan dan biarkan dingin. Buka daun pisang, letakkan ketan pada mangkuk dan siran dengan gula merah dan taburan kelapa. Cara membuatnya cukup mudah Lupis Ketan menggunakan 13 bahan dan 6 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Lupis Ketan

  1. Siapkan 500 gr Beras Ketan.
  2. Dibutuhkan 1 sdt garam.
  3. Siapkan 250 gr kelapa parut.
  4. Dibutuhkan Daun pisang utk membungkus nya.
  5. Siapkan Pasta pandan (boleh skip).
  6. Dibutuhkan ---------------------------------------------.
  7. Siapkan Kuahnya:.
  8. Siapkan 250 gr gula merah/gula aren.
  9. Siapkan 1 sdm tepung maizena.
  10. Siapkan 2 sdt gula pasir.
  11. Dibutuhkan 1/4 sdt garam.
  12. Dibutuhkan 1 lbr daun pandan.
  13. Siapkan 500 ml air.

Beras ketan akan dikukus di dalam bungkusan daun pisang berbentuk segitiga / lonjong seperti lontong sampai empuk & matang. Lupis kemudian dibalur dengan parutan kelapa & dihidangkan dengan saus gula jawa kental (kinca). Berikut ini Resep Lupis Enak, Sederhana dan Cara Membuatnya. Aku pikir tuh yaa lupis itu hanya terbuat dari beras ketan saja eeehh ternyata bisa dari singkong 😄😅 soalnya waktu aku sempat liat postingannya mba @frielingga sit okeeelaaah aku coba eeh ternyata enak bgt anak suka bgt Source : mba frielingga sit Dapur Deis.

Cara Pembuatan Lupis Ketan

  1. Bismillah, cuci bersih beras ketan, lalu rendam terlebih dahulu selama lebih kurang 4 jam, jika ingin hijau nya cantik.. teteskan sedikit pasta pandan. Setelah di rendam bbrp jam kemudian tiriskan.
  2. Sangrai daun pisang di atas api kecil agar daun pisangnya layu dan tidak mudah sobek saat di bentuk. Setelah daun pisang di sangrai, bentuklah daun seperti kerucut, lalu masukkan sekitar 2 sdm beras ketan ke dalamnya...
  3. Lipat dan tutup daun pisang berbentuk kerucut/segitiga menggunakan tusuk gigi...
  4. Rebus lupis di air secukupnya sampai lupis terendam seluruhnya, saya menggunakan metode hemat gas. Masak lupis hingga air mendidih, setelah 7 menit mendidih matikan api kompor namun tutup kukusan jgn di buka hingga 30 menit kedepan. Setelah 30 menit maka hidupkan api kompor kembali hingga mendidih, setelah 5 menit sejak mendidih, matikan api kompor dan jgn buka kukusan lg selama 20 menit, insyaallah lupis matang dgn baik...
  5. Buat kuahnya : rebus air 500 ml bersama gula merah, gula pasir dan garam. Masukkan jg daun pandan, lalu rebus hingga gula larut dan mendidih. Kemudian masukkan larutan tepung maizena yg sudah di larutkan terlebih dahulu dgn 2 sdm air agar kuah lupis sedikit kental. Lalu biarkan larutan kuahnya mendidih dan meletup-letup.
  6. Kukus kelapa parut yg di campur garam agar kelapa parut tidak mudah basi. Hidangkan lupis bersama kelapa parut dan siram kuah gula merahnya, MasyaaAllah ini tuh enaaakkk legiit dan yummy.., selamat mencoba Moms...

Lupis terbuat dari ketan yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Lupis biasanya disajikan bersama cenil, klepon, dan jajanan pasar lain dengan taburan kelapa parut dan saus gula merah. Karena sudah mulai sulit menemukan lupis, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah untuk mengobati rasa kangen menyantap makanan tradisional ini. Lupis merupakan makanan khas Indonesia terutama daerah Jawa. Ada dua bentuk lupis yang umum ditemui: segitiga atau bulat memanjang seperti lontong.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Lupis Ketan Untuk Pemula"

Posting Komentar

close