Langkah Memasak Ulen ketan khas sunda Yang Renyah

Ulen ketan khas sunda. Ulen ketan bisa disimpan di dalam kulkas jika tidak segera disajikan karena camilan khas Sunda yang satu ini bisa tahan sampai satu minggu lho! Itu dia resep dan cara membuat ulen ketan. Dijamin bikin nampol di lidah untuk teman ngopi.

Ulen ketan khas sunda Ulen ketan itu terbuat dari beras ketan yang dimasak, lalu setelah jadi nasi ditumbuk dan di cetak berbentuk pipih. Yang harus diperhatikan pada pembuatan ulen, yakni kelapa parut. Makanan Khas Sunda - Sunda merupakan suku etnis yang menduduki daerah jawa bagian barat. Cara membuatnya tidak sulit Ulen ketan khas sunda menggunakan 5 bahan dan 6 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Ulen ketan khas sunda

  1. Siapkan 1 kg beras ketan putih.
  2. Dibutuhkan 1 butir kelapa diparut.
  3. Siapkan secukupnya Garam.
  4. Siapkan secukupnya Air.
  5. Dibutuhkan Tepung terigu untuk melumuri pada saat menggoreng.

Tidak jauh berbeda dengan suku - suku lain di Indonesia, mereka Ulen merupakan makanan yang dibuat dari beras ketan dengan campuran kelapa, memiliki aroma harum yang dihasilkan dari kelapa. Opak ketan ini yaitu merupakan olahan tepung beras ketan yang dicampurkan dengan kelapa parut, gula, garam dan penyedap. Opak sendiri merupakan makanan ringan khas warga Sunda yang tentunya akan banyak sekali ditemukan di berbagai acara seperti hajatan dan syukuran. Opak ketan merupakan makanan khas dari daerah Sukabumi Jawa Barat yang memiliki rasa yang enak dan gurih.

Cara Pembuatan Ulen ketan khas sunda

  1. Ketan cuci sampai bersih, lalu masukan ketan ke dalam panci lalu tambahkan air, panaskan dengan api kecil sampai mendidih.
  2. Setelah mendidih, matikan kompor lalu tiriskan sampe agak hangat.
  3. Kukus ketan lalu tambahkan kelapa parud aduk sampai rata, nyalakan kompor, dan tunggu sampai matang.
  4. Setelah matang lalu tuang kedalam baskom lalu tumbuk dengan centong kayu, sampai kalis.
  5. Setelah itu tuangkan kedalam loyang, diamkan hingga dingin. Bisa dijemur dulu atau langsung di goreng.
  6. Jika langsung digoreng, potong kotak kotak kecil lalu lumuri ketan dengan tepung terigu, goreng hingga garing.

Opak ketan terdiri dari dua macam rasa yaitu rasa asin dan rasa manis. Yang akan kami buat pada penulisan artikel kali ini adalah opak ketan rasa asin. Kue khas Sunda ini pada dasarnya dibuat dengan tepung beras. Namun, penggunaan tepung ketan justru membuat sensasi pulen yang patut dicoba. Makanan Khas Sunda - Kuliner nusantara memang memiliki pesonanya masing-masing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Memasak Ulen ketan khas sunda Yang Renyah"

Posting Komentar

close