Resep Punten ketan Untuk Pemula

Punten ketan. Lihat juga resep Pecel punten khas kediri, Nasi Punten Pecel enak lainnya! Minggu kemarin saya mudik ke kampung halaman, anak-anak sempat berkenalan dengan makanan jadul yang namanya Punten. Makanan ini kalau dilihat dari bentuk dan proses pembuatannya mirip "jadah/tetel", tapi yang ini terbuat dari beras.

Punten ketan Jadi kangen banget makanan ini pas udah hampir setahunan nggak pulkam. Pecel Punten sendiri terbuat dari nasi ketan yang ditumbuk halus kemudian dibumbui lalu diberi santan. Kuliner ini merupakan salah satu menu sarapan favorit buat masyarakat Tulungagung. Cara membuatnya cukup mudah Punten ketan menggunakan 8 bahan dan 3 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Punten ketan

  1. Dibutuhkan 1/2 gram ketan.
  2. Siapkan 1/2 kelapa diparut memanjang.
  3. Siapkan secukupnya Garam.
  4. Dibutuhkan Bahan adonan.
  5. Siapkan 12 sdm terigu.
  6. Siapkan 4 sdm gula.
  7. Siapkan 1 btr telur.
  8. Dibutuhkan secukupnya Air dan garam.

Lihat juga resep Ketan gurih enak lainnya. Setelah adonannya padat, barulah adonan punten dibentuk kotak atau persegi, kemudian dipotong-potong saat akan disajikan bersama pecel. Jika dilihat sekilas, punten ini persis jadah ya, hanya beda bahan bakunya saja. Kalau punten terbuat dari beras putih, sedangkan jadah terbuat beras ketan.

Cara Pembuatan Punten ketan

  1. Sebelum dikukus rendam dulu ketan selama 12 jam.
  2. Kukus ketan, kelapa dan garam selama 40 menit, angkat tarok ditempat lain beri sisa air kukus aduk rata. Kukus lagi ketan selama 30 menit, angkat sisihkan..
  3. Campur jadi satu adonan, ambil ketan bentuk sesuai selera celupkan ke adonan goreng sampai kuning(adonan seperti pisang goreng).

Tapi keduanya sama-sama mudah ditemukan di. Jedah bakar [image source] Mungkin masih banyak orang yang belum tahu makanan bernama jadah.jadah adalah makanan yang bentuknya seperti punten hanya saja terbuat dari ketan. Kalau di Pacitan dikenal yang namanya jadah bakar yaitu jadah yang dipanggang layaknya memanggang daging ayam. Pecel memang umumnya disantap bersama nasi. Tapi pecel khas Kediri berbeda dengan daerah lain karena mengganti nasi dengan punten.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Punten ketan Untuk Pemula"

Posting Komentar

close