Resep Gemblong Tepung Ketan Putih Anti Ribet

Gemblong Tepung Ketan Putih. Gemblong merupakan makanan tradisional yang dibuat dari ketan dan lapisan gula merah yang sangat legit. Yuk simak resep gemblong tersebut di sini. Makanan satu ini terbuat dari bahan dasar adonan tepung beras ketan putih yang diuleni sampai kalis lalu dibentuk mirip dengan bola-bola kecil.

Gemblong Tepung Ketan Putih Video Cara Membuat kue gemblong Asahid dan Tehyung kali ini akan mempersembahkan resep cara membuat kue gemblong. Untuk Bahan Bahannya membuat kue gemblong. Resep Gemblong Beras Ketan Dan Kue Gemblong Ketan Hitam Lengkap Cara Membuatnya Supaya Empuk. Cara membuatnya tidak susah Gemblong Tepung Ketan Putih menggunakan 11 bahan dan 3 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Gemblong Tepung Ketan Putih

  1. Siapkan Bahan Adonan.
  2. Siapkan 200 gr tepung ketan putih.
  3. Dibutuhkan 3 sdm tepung beras.
  4. Siapkan 1/2 butir kelapa muda parut ukuran kecil.
  5. Siapkan Sejumput garam.
  6. Siapkan 63 ml santan instan (sy pakai kara) dicampur dengan air 175 ml.
  7. Siapkan Bahan Gula.
  8. Siapkan 3 bh gula merah.
  9. Siapkan 3 sdm gula pasir.
  10. Dibutuhkan 1 lbr daun pandan (bisa skip).
  11. Dibutuhkan Secukupnya minyak utk menggoreng adonan.

Ketan Gemblong adalah cemilan tradisional atau jajanan pasar yang mempunyai bentuk seperti bola lonjong yang dilumuri dengan gula merah atau besta dan terbuat dari tepung beras. Dapet kiriman gemblong dari tetangga sebelah bikin anak rebutan sm emak nya, akhirnya coba deh bikin sendiri, alhamdulilah percobaan pertama bisa. Langkah pertama, campurkan tepung ketan putih dengan kelapa parut kasar kemudian diaduk-aduk secara perlahan sambil dituangkan sedikit demi sedikit santan dan uleni hingga kalis. Kue gemblong pada bagian dalamnya terdapat campuran ketan dan kelapa.

Langkah Pembuatan Gemblong Tepung Ketan Putih

  1. Campur semua bahan, tuang campuran santan dgn air sedikit demi sedikit, uleni adonan hingga tidak menempel ditangan. Jika ada sisa air santan bisa digunakan utk campuran gula nya.
  2. Setelah adonan tidak menempel di tangan bentuk sesuai keinginan, jgn terlalu besar karna pas digoreng akan mengembang. Goreng hingga agak kecoklatan.
  3. Utk membuat adonan gula, iris iris gula merah lalu rebus beserta gula pasir dan sisa air santan, aduk aduk hingga mengental. Jika sudah mengental dan berbusa matikan kompor masukkan adonan bolak balik hingga larutan gula menempel sempurna di adonan.

Pertama, buat adonan gemblong dengan mencampurkan tepung ketan putih, kelapa parut kasar, dan garam dalam satu wadah. Gemblong adalah salah satu jenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis dan dibentuk bulat seperti bola. Tepung ketan putih tersebut dicampur dengan sejumlah bahan lainnya kemudian dibentuk bulat lonjong dan digoreng hingga matang. Ingin menikmati Kue Gemblong Ketan Putih Buatan Sendiri Yang Enak?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Gemblong Tepung Ketan Putih Anti Ribet"

Posting Komentar

close