Resep Semar Mendem Yang Renyah

Semar Mendem. Semar mendem (bahasa Jawa: Semar mabuk) adalah sejenis lemper yang tidak dibalut dengan daun. Sebagai pembalutnya, digunakan semacam dadaran atau crepe yang terbuat dari campuran telur dan tepung terigu yang dipanaskan dengan cepat sehingga bentuknya memadat. Semar mendem yang merupakan salah satu kue tradisional yang ada di indonesia, terbuat dari bahan ketan putih yang telah diaron dengan campuran santan dan juga garam lalu di kukus.

Semar Mendem Resep Semar Mendem Sapi enak dan mudah untuk dibuat. Di sini ada cara membuat yang jelas dan mudah diikuti. Semar mendem adalah sejenis lemper yang tidak dibalut dengan daun. Cara membuatnya cukup mudah Semar Mendem menggunakan 23 bahan dan 6 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Semar Mendem

  1. Dibutuhkan Bahan ketan.
  2. Dibutuhkan 500 gram beras ketan direndam semalam.
  3. Dibutuhkan 250 cc santan kental dari 1 butir kelapa kupas parut.
  4. Dibutuhkan 2 lembar daun pandan.
  5. Siapkan 1 sdt garam.
  6. Siapkan Isian.
  7. Dibutuhkan 250 gram daging ayam cincang.
  8. Dibutuhkan 3 buah bawang merah.
  9. Siapkan 3 siung bawang putih.
  10. Dibutuhkan 2 batang daun seledri.
  11. Dibutuhkan 250 cc santan dari 1/2 butir kelapa parut.
  12. Siapkan 3 sdm minyak goreng untuk menumis.
  13. Siapkan Bumbu halus.
  14. Siapkan 3 butir kemiri goreng.
  15. Dibutuhkan 1 sdt ketumbar sangrai.
  16. Siapkan 1/2 sdt jintan.
  17. Siapkan secukupnya gula merah.
  18. Siapkan 1 sdt garam.
  19. Siapkan Bahan Dadar 2 X ngocok :.
  20. Siapkan 5 butir telur.
  21. Siapkan 1 sdt garam.
  22. Siapkan 2 sdm tepung terigu.
  23. Siapkan 3 sdm margarin (blue band) cairkan.

Sebagai pembalutnya, digunakan semacam dadaran atau crepe yang terbuat dari campuran telur dan tepung terigu yang. Semar mendem which is lemper wrapped in thin omelette. A variant snack almost identical to lemper is called semar mendem. Both are glutinous rice filled with shredded seasoned chicken.

Langkah Pembuatan Semar Mendem

  1. Iris iris bawang merah & bawang putih serta seledri. Tumis bawang putih, bawang merah masukkan bumbu halus sampai harum. Masukkan ayam cincang..
  2. Tambahkan santan, aduk aduk tambah gula merah terakhir masukkan seledri koreksi rasa. Masak hingga agak kering sisihkan..
  3. Selanjutnya pecahkan telur beri tepung terigu. Kocok dengan wisk sampai tercampur rata masukkan mentega cair kocok kembali sisihkan. (Ngocok 2 kali) setiap 5 butir telur. Siapkan reflon dadar diameter 18 cm tuang adonan dadar 1 sendok sayur. (Api kecil).
  4. Siapkan daun kucai (sy skip) rendam dengan air panas, tiriskan. Untuk penyelesaian ambil 1 sdm ketan kukus hijau dengan dibantu plastik beri isi 1 sdt..
  5. Kemudian bulatkan hingga berbentuk silinder sampai adonan habis. Taruh tiap bulatan ketan hijau diatas selembar dadar lipat, ikat dengan daun kucai sampai adonan dadar habis..
  6. Semar Mendem siap disajikan happy Baking 💪.

Resep Semar Mendem, Serupa Tapi Tak Sama dengan Lemper. Terlihat serupa, semar mendem punya perbedaan dengan lemper. Terasa lebih gurih dan sedap karena berbungkus telur dadar tipis. Semar mendem yang merupakan salah satu camilan khas Jawa ini mudah dibuat, kok. Yup, saking enaknya, sang semar (tokoh perwayangan) pun dibuat mendem , atau mabuk, ketika menyantapnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Semar Mendem Yang Renyah"

Posting Komentar

close