Resep Pepes ikan Patin khas Banjarmasin Anti Ribet

Pepes ikan Patin khas Banjarmasin. Resep Cara Membuat Sayur Asem Ikan Patin Khas Banjarmasin Resep sayur asem khas Banjarmasin ini sangatlah spesial karena terdapat ikan patin sebagai salah. Selain menjadi makanan khas Sunda, ternyata pepes ikan juga menjadi masakan khas kota Palembang yang bisa menggugah selera. Resep 'pepes ikan patin' paling teruji.

Pepes ikan Patin khas Banjarmasin Patin baubar adalah pepes yang terbuat dari ikan patin dengan bumbu rempah khas Banjarmasin. Makanan khas Banjarmasin Kalimantan Selatan yang satu ini merupakan cemilan khas suku Banjar. Rasanya manis dan teksturnya lembut meskipun sedikit berlemak. Cara membuatnya tidak susah Pepes ikan Patin khas Banjarmasin menggunakan 22 bahan dan 7 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Pepes ikan Patin khas Banjarmasin

  1. Siapkan Patin 3 ekor potong2 jd 16 Bagian.
  2. Dibutuhkan 3 butir jeruk nipis.
  3. Siapkan 10 siung Bawang Merah.
  4. Dibutuhkan 8 siung Bawang Putih.
  5. Dibutuhkan 1 ruas Jahe.
  6. Siapkan 1 ruas Kunyit.
  7. Siapkan 8 butir Kemiri.
  8. Dibutuhkan 14 lembar Daun salam.
  9. Dibutuhkan Tomat 5 biji potong - potong.
  10. Siapkan Cabe rawit 20 biji utuh.
  11. Dibutuhkan 1 ruas Kencur.
  12. Dibutuhkan Sere 6 batang potong - potong.
  13. Siapkan Terasi 1 blok pake yg ABC.
  14. Siapkan secukupnya Merica.
  15. Siapkan secukupnya Garam.
  16. Dibutuhkan secukupnya Lada.
  17. Dibutuhkan secukupnya Kaldu.
  18. Dibutuhkan secukupnya Gula.
  19. Siapkan Kemangi 1 ikat menyesuaikan suka banyak bs ditambah di putik2.
  20. Siapkan Minyak Goreng.
  21. Dibutuhkan Daun pisang.
  22. Siapkan Lidi.

Ikan patin termasuk kedalam famili Pangasiidae. Yaitu kelompok ikan yang mempunyai kumis atau biasa di beri nama catfish. Kebiasaan ikan patin sering muncul beberapa saat ke permukaan air untuk mendapatkan oksigen. Hewan ini tergolong kedalam ikan yang tidak terlalu rumit.

Cara Pembuatan Pepes ikan Patin khas Banjarmasin

  1. Peras jeruk nipis dan berikan Garam secukupnya pada ikan biarkan sampai bumbu jadi.
  2. Blender bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, garam, gula, terasi, kaldu, jahe, kunyit, kencur, merica, gula dengan Minyak.
  3. Setelah itu campurkan bumbu halus dengan ikan yang sudah diberikan perasan jeruk.
  4. Kemudian aduk sampai rata, diamkan kurang lebih 5 menit sambil menunggu siapkan bahan yang sudah dipotong - potong.
  5. Siapkan daun pisang lapis dua, masukkan 2 daun salam, 3 cabe utuh, potongan tomat, potongan sere, daun kemangi dan 2 potong ikan patin yg sudah dibumbuin.
  6. Tutup daun, tusuk bagian kanan dan kiri agar tidak ada yg keluar..
  7. Siapkan dandang untuj mengukus, kurang lebih 25 menit angkat dan siap dihidangkan. Tapi kalau saya dibakar lagi diteplon jadi ada sensasi aroma-aroma hangus membuat semakin nikmat..

Makanan Khas Banjarmasin - Banjarmasin merupakan kota yang terletak di pulau Kalimantan, kota yang juga dijuluki sebagai kota seribu sungai ini kaya akan sajian kulinernya. Pengolahan ikan patin yang dibakar atau dipepes dengan bumbu khusus membuat aromanya sangat menggugah selera. Patin Baubar adalah pepes Ikan Patin yang dibumbui dengan berbagai rempah-rempah kemudian Dengan cara masak seperti inilah yang membuat Ikan Patin ini jadi lebih nikmat dan katanya, makanan khas Kalimantan Selatan yang satu ini sangat nikmat disajikan dengan nasi putih hangat saja. Resep Pepes Ikan Patin Pedas Lezat Beberapa Bahan Untuk Membuat Resep Pepes Ikan Patin Pedas Lezat Demikianlah beberapa langkah cara membuat pepes ikan patin pedas dan lezat sederhana yang mudah ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba sekarang juga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Pepes ikan Patin khas Banjarmasin Anti Ribet"

Posting Komentar

close