Langkah Membuat 25. Cilok kenyal & lembut (isi keju) Kekinian

25. Cilok kenyal & lembut (isi keju). Cilok menu camilan buka nanti adalah cilok sesuai request kangmas bojo (bumil juga lagi ngidam cilok). Bahan mudah didapat juga gampang membuatnya. Rahasia bikin CILOK kenyal dan empuk.

25. Cilok kenyal & lembut (isi keju) Resep Cilok kenyal - Cilok merupakan salah satu camilan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia apalagi daerah Bandung (Jawa Barat). Cilok (Aksara Sunda Baku: ᮎᮤᮜᮧᮊ᮪) adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Cara membuatnya tidak sulit 25. Cilok kenyal & lembut (isi keju) menggunakan 5 bahan dan 8 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan 25. Cilok kenyal & lembut (isi keju)

  1. Siapkan 250 gram tepung terigu (25 sendok).
  2. Dibutuhkan 350 ml air (1 1/2 gelas belimbing).
  3. Dibutuhkan 150 gram sagu (15 sendok).
  4. Siapkan 1 sachet kaldu bubuk ayam/sapi.
  5. Siapkan 2 sdm minyak goreng.

Resep Cilok kenyal - Cilok merupakan salah satu camilan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia apalagi daerah Bandung (Jawa Barat). Cilok yang kenyal dan anti nempel harus melewati beberapa tahap. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa wadah pendukung. Yang pertama adalah wadah seperti baskom untuk menguleni adonan.

Cara Pembuatan 25. Cilok kenyal & lembut (isi keju)

  1. Campurkan terigu dengan air, tambahkan kaldu bubuk. Aduk sampai merata..
  2. Masak adonan terigu yang sudah diberi air dengan api sedang. Sambil terus diaduk-aduk sampai agak menggumpal dan kekuningan..
  3. Siapkan isian cilok. Bisa keju, daging, telur, sosis atau otak-otak. Kalau saya kebetulan ada sisa keju di kulkas. Potong kecil-kecil sesuai selera..
  4. Taburkan sagu di atas adonan yang sudah hampir dingin, uleni dengan tangan sambil dilipat-lipat dan dibanting, sampai adonan terasa tidak lengket lagi di tangan dan bisa dibentuk..
  5. Bentuk bulatan lalu pipihkan, ambil isian dan taruh di bagian tengahnya. Lalu dipulung hingga membentuk bola..
  6. Setelah semua adonan sudah jadi bulatan. Siapkan panci untuk merebus, isi air sampai setengah bagian panci dan beri minyak supaya cilok tidak nempel ketika direbus. Siapkan juga wadah dan penyaring untuk mengangkat cilok ketika matang..
  7. Ketika air mendidih masukkan cilok mentah, lalu tunggu sampai cilok mengapung satu persatu. Cilok yang sudah mengapung tandanya matang. Angkat dan tiriskan airnya..
  8. Cilok siap disantap dengan saus kecap atau bumbu kacang^^.

Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja. Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang. Cilok yang enak, tentunya harus empuk dan kenyal supaya tidak susah digigit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Membuat 25. Cilok kenyal & lembut (isi keju) Kekinian"

Posting Komentar

close