Cara Membuat Candil/ grendul/ biji salak ubi merah Yang Gurih

Candil/ grendul/ biji salak ubi merah. Beda dengan biji salak, candil berasal dari daerah Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Jadi bisa disebut jika candil yang benar tidak ada campuran ubi jalar. Kukus ubi ungu hingga matang, lalu haluskan.

Candil/ grendul/ biji salak ubi merah Silakan masukan biji salak ke dalam kuah gula merah yang sudah anda buat tadi. Kemudian anda bisa menyiramnya dengan menggunakan saus santan. Bubur candil salak pake ubi ungu mantapnya.apalgi klu ditaburi kacang cincang wow sedapp. Cara membuatnya tidak susah Candil/ grendul/ biji salak ubi merah menggunakan 16 bahan dan 6 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Candil/ grendul/ biji salak ubi merah

  1. Siapkan 100 gram ubi merah kukus.
  2. Dibutuhkan 200 gram tepung ketan.
  3. Dibutuhkan 3 sdm gula halus.
  4. Siapkan 1/2 sdt garam.
  5. Siapkan 100 gr tepung kanji untuk taburan.
  6. Siapkan Perekat :.
  7. Dibutuhkan 100 gram gula merah Sisir.
  8. Dibutuhkan 2 sdm gula pasir.
  9. Dibutuhkan 1 sdt garam.
  10. Siapkan 2 lembar daun pandan.
  11. Dibutuhkan 1 lt air putih.
  12. Dibutuhkan Kuah:.
  13. Dibutuhkan 65 ml santan kental.
  14. Siapkan 250 ml air putih.
  15. Dibutuhkan 1/2 sdt garam.
  16. Siapkan 1 lbr daun pandan.

Di bulan puasa ramadhan alangkah baiknya berbuka puasa dengan makanan-makanan ringan ( tajil ) dan manis seperti kurma , kolak pisang, kolak candil ( bubur biji salak ) , es cendol elizabeth, sekoteng , es jus buah, sop buah dan lainnya. Menurut saya olahan biji salak ubi ini cocok sekali dibuat saat cuaca hujan seperti sekarang ini. Rasanya yang enak, kenyal dengan citarasa manis legit dari saus Umumnya satu porsi kolak biji salak ubi yang terkenal sebagai sajian takjil menu buka puasa ini dijual seribu hingga lima ribu rupiah. Suchen Sie nach Bubur Candil/jenang grendul/Biji salak ist Lebensmittel-Stockbildern in HD und Millionen weiteren lizenzfreien Stockfotos, Illustrationen und Vektorgrafiken in der Shutterstock-Kollektion.

Langkah Pembuatan Candil/ grendul/ biji salak ubi merah

  1. Campur gula garam,ubi merah dan tepung. Uleni sampai tercampur rata dan kalis.
  2. Setelah kalis bulat-bulat dan tempatkan dalam wadah yg sudah ditaburi tepung,(saya gunakan 60gr tepung kanji buat taburan, sudah cukup) lakukan sampai habis.
  3. Didihkan gula merah, pasir, garam dan air serta daun pandan sampai mendidih kemudian saring,agar kotoran dari gula merah tidak ikut.
  4. Setelah itu masukkan cendil dalam kuah gula,tunggu sampai terapung semua baru masukkan larutan tepung kanji dari sisa taburan tadi,beri sedikit air. Terusdiaduk biar tidak menggumpal dan gosong.
  5. Biarkan meletup dan terus diaduk, setelah matang matikan api. Buat kuah santang,masukkan semua air dan santan,garam dan daun pandan. Aduk-aduk biar tidak pecah,setelah mendidih matikan api.
  6. Sajikan dengan siraman kuah santan yg gurih dipadu dengan candil/ grendul/ biji salah yang manis, bisa hangat atau ditambah es batu.

Jeden Tag werden Tausende neue, hochwertige Bilder hinzugefügt. Jika bulatan candil memakai tepung ketan, maka lain halnya dengan biji salak yang menggunakan ubi tumbuk. Biji salak kemudian dimasak dalam kuah gula kental dan disajikan bersama siraman kuah santan. Jika biji salak terbuat dari ubi jalar yang dikukus kemudian dicampur tepun sagu, garam dan air, kalau candil terbuat dari tepung ketan jadi wajar biji salak teksturnya lebih lembut dan empuk dibanding candil yang lembut dan agak kenyal. Teman teman juga bisa menggunakan ubi ungu atau ubi cilembu supaya warnanya nanti dan aromanya lebih cantik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Candil/ grendul/ biji salak ubi merah Yang Gurih"

Posting Komentar

close