Resep Biji salak ubi jalar tepung ketan Kekinian

Biji salak ubi jalar tepung ketan. Lihat juga resep Biji salak ubi jalar tepung ketan enak lainnya. Lihat juga resep Biji salak ubi jalar tepung ketan enak lainnya! Resep Kolak Biji Salak Sederhana dengan Ubi Bahan bahan Untuk Membuat Resep Kolak Biji Salak Ubi.

Biji salak ubi jalar tepung ketan Untuk Resep kolak biji salak ini saya menggunakan ubi jalar merah, warna orange nya cantik menarik hati yang melihatnya. Resep bubur candil adalah olahan bubur yang proses pembuatannya sangat mirip dengan bubur biji salak hanya saja bubur yang ini menggunakan tapung beras ketan sebagai bahan utama untuk pembuatan candilnya. Tapi anda tahu tidak olahan bubur candil juga memiliki keunikan lain yaitu bola candilnya bisa kita beri warna seperti pelangi atau bentuknya bisa disesuikan dengan selera kita. Cara membuatnya tidak susah Biji salak ubi jalar tepung ketan menggunakan 17 bahan dan 6 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Biji salak ubi jalar tepung ketan

  1. Siapkan Bahan Biji Salak (bola ubi).
  2. Dibutuhkan 200 gram ubi jalar kukus.
  3. Dibutuhkan 200 gram tepung ketan.
  4. Dibutuhkan 3 sdm tepung tapioka.
  5. Siapkan 50 ml air.
  6. Dibutuhkan Bahan Kuah Gula Merah.
  7. Dibutuhkan 700 ml air.
  8. Siapkan 250 gram gula merah.
  9. Siapkan 50 gram gula pasir.
  10. Siapkan 1 lembar daun pandan.
  11. Dibutuhkan Bahan Pengental (aduk rata).
  12. Siapkan 3 sdm tepung tapioka.
  13. Siapkan 5 sdm air.
  14. Siapkan Bahan Saus Santan.
  15. Siapkan 100 ml santan sun kara (1 1/2 bungkus @65ml).
  16. Dibutuhkan 1 sdt garam.
  17. Siapkan 1 lembar daun pandan.

Dari ubi jalar kuning / orange, ubi jalar putih, ubi jalar ungu, serta aneka bahan lainnya seperti labu kuning, tepung ketan hitam dan tepung beras. Biji candil a.k.a biji salak ini selain di masak menjadi kolak dengan kuah santan dan gula merahnya. Hal yang menarik, jika menyantap biji salak atau candil di Jakarta, keduanya bisa mengalami bias nama. Dari perngalaman KompasTravel, seringkali saat membeli biji salak justru tidak terbuat dari ubi jalar tetapi hanya tepung tapioka atau tepung beras ketan.

Langkah Pembuatan Biji salak ubi jalar tepung ketan

  1. Ubi kukus dihaluskan dan masukan ke dalam wadah. Campurkan dengan semua bahan kering biji salak dan tambahkan air sambil ulenin.
  2. Bentuk bulat2 kira2 ukuran diameter 2 cm.
  3. Rebus semua bahan kuah gula merah sampai mendidih lalu saring.
  4. Hasil saringan kuah gula merah dimasak kembali sambil masukan semua bola2 ubi ke dalamnya sampai semua matang atau mengapung, sambil masukan bahan pengental yg sudah diaduk rata. Setelah mendidih lalu angkat dan sisihkan.
  5. Masak bahan saus santan di tempat terpisah sampai mendidih dengan menggunakan api kecil dan sambil diaduk agar santan tidak pecah..
  6. Siap dihidangkan.

Saat membeli bubur candil yang disajikan justru bubur sumsum yang diberi biji salak. Kolak biji salak menggunakan bahan dasar utama ubi jalar yang memang sudah memiliki rasa alami manis dari sana nya namun jika Anda ingin mencoba membuat kolak biji salak dengan tanpa ubi jalar maka Anda bisa mengganti nya dengan tepung ketan yang akan menghasilkan rasa kenyal alami saat disantap. Sekilas sajian manis ini mirip dengan bubur candil. Jika bulatan candil memakai tepung ketan, maka lain halnya dengan biji salak yang menggunakan ubi tumbuk. Biji salak kemudian dimasak dalam kuah gula kental dan disajikan bersama siraman kuah santan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Biji salak ubi jalar tepung ketan Kekinian"

Posting Komentar

close