Resep Hintalu Karuang Ubi Orange Yang Enak

Hintalu Karuang Ubi Orange. Takjil #Alanengpuput sambut Ramadan!! sambil umpatan tantangan @cookpadcommunity_id_kalsel. Siapa semalam nang merequest ini? komen am di bawah? btw ini. Bubur ini adalah kuliner khas Banjar, Kalimantan Selatan.

Hintalu Karuang Ubi Orange Terbuat dari campuran bola-bola tepung ketan dan tepung beras, disajikan dengan kuah santan gula merah. Disebut Hintalu Karuang, karena wujud makanan itu mirip dengan telur burung. Spécialistes des offres Mobile, Internet et Fixe, les agences Orange accueillent les professionnels et les particuliers et leur proposent des services adaptés à leur besoin. Cara membuatnya tidak susah Hintalu Karuang Ubi Orange menggunakan 15 bahan dan 5 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Hintalu Karuang Ubi Orange

  1. Siapkan Adonan Hintalu Karuang.
  2. Siapkan 100 gr tepung ketan.
  3. Siapkan 125 gr ubi orange.
  4. Siapkan 1 sdm gula pasir.
  5. Siapkan Sejumput garam.
  6. Dibutuhkan Secukupnya Air.
  7. Siapkan Kuah santan.
  8. Dibutuhkan 1 bks santan instan (65ml).
  9. Siapkan 800 ml air.
  10. Siapkan 100 gr gula merah.
  11. Siapkan 50 gr gula pasir.
  12. Dibutuhkan 2 lembar daun pandan, ikat simpul.
  13. Dibutuhkan 1/2 sdt garam.
  14. Siapkan 1 btr telur kocok.
  15. Dibutuhkan 2 sdm tepung maizena, larutkan dg sedikit air.

Makna dibalik nama makanan ini sangat unik lho! Bengamat merupakan bahasa Dayak Ngaju untuk kelelawar. Jika tadi Hintalu Karuang hanya perumpanan untuk telur kelelawar, namun bengamat benar-benar terbuat dari kelelawar. Mulai dari ubi putih, ubi orange, ubi Cilembu, hingga ubi ungu.

Cara Pembuatan Hintalu Karuang Ubi Orange

  1. Siapkan bahan, kukus ubi hingga empuk, lalu haluskan. Masak gula merah dengan sedikit air hingga larut, saring, sisihkan..
  2. Campur ubi dengan tepung ketan, garam, uleni dan tambah sedikit sedikit air. Hingga tercamlur rata dan tidak lengket di tangan. Bulat2kan adonan, sesuai selera..
  3. Didihkan 400 ml air, jila sudah mendidih, masukkan bola2 hintalu karuang, masak hingga mengapung. Lalu tambahkan sisa air 400ml+ santan, dan gula merah. Gula pasir dan santan..
  4. Kemudian masukkan kocokan telur. Aduk2 suoaya santan tidak pecah. Tambahkan 2 sdm tepung maizena yg sudah dilarutkan dg sedikit air. Koreksi rasa. Matikan api.
  5. Tata dalam mangkok lalu tambahkan santan kental di atasnya. 😍.

Namun, bentuknya cenderung sama, yakni lonjong dan berisi. Secara umum, seluruh jenis ubi jalar juga terasa manis. Makanya, banyak yang menggunakannya sebagai campuran pada makanan manis. Karuang adalah ngaran burung cucak-cucakan (Pycnonotidae) nang ketuju benyanyi. Inya tinggal di hutan dataran randah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Hintalu Karuang Ubi Orange Yang Enak"

Posting Komentar

close