Cara Memasak Cilok bumbu Sarden Yang Gurih

Cilok bumbu Sarden. Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beraneka ragam, namun cara membuat cilok kebanyakan tak Ilustrasi cilok. Cara penyajiannya biasanya dengan menggunakan bumbu kacang. Kepopuleran cilok bumbu kacang kini bukan hanya di kota asalnya, tetapi juga jadi favorit sebagai Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung.

Cilok bumbu Sarden Cilok ini bukan makanan yang tahan lama, hanya seharian saja sudah bisa basi. Siapkan panci, lalu didihkan air dan tambah sedikit minyak goreng. Resep Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang. Cara membuatnya tidak sulit Cilok bumbu Sarden menggunakan 14 bahan dan 8 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Cilok bumbu Sarden

  1. Dibutuhkan 200 gr terigu (segitiga biru).
  2. Siapkan 100 gr tapioka.
  3. Dibutuhkan 200 ml air mendidih.
  4. Dibutuhkan 4 bawang putih (haluskan).
  5. Siapkan sejumput gula pasir (saya skip).
  6. Dibutuhkan 2 batang daun bawang.
  7. Dibutuhkan secukupnya garam, merica bubuk, kaldusapi bubuk.
  8. Dibutuhkan Bumbu Sarden :.
  9. Siapkan 10 bh cabe merah bulat (haluskan).
  10. Siapkan 3 bawang putih (iris tipis).
  11. Siapkan 1 ruas jahe.
  12. Siapkan 3 lbr daun salam.
  13. Dibutuhkan 1 kaleng sarden (ambil bumbu nya aja).
  14. Siapkan 3 sdm air.

Dengan menggunakan kecap dan saus botolan. Nikmati sedapnya hidangan seblak cilok Bandung yang enak dan sedap di rumah anda. Hidangan istimewa yang satu ini akan tentu bisa anda buat di rumah dengan mudah. Cilok jadi camilan yang pas disantap kapan saja.

Langkah Pembuatan Cilok bumbu Sarden

  1. CILOK : haluskan bawang putih dan masak bersamaan dengan air hingga mendidih. sisihkan.
  2. Siapkan wadah bersih, masukkan terigu dan tapioka, daun bawang, garam, merica, kaldu bubuk, aduk rata..
  3. Lalu masukkan 200ml air bawang putih tadi (hanya 200ml aja yaa). sedikit2 dulu, jangan langsung dituang sekaligus. uleni adonan hingga bisa dibentuk bola-bola. lakukan hingga habis..
  4. Ini adonan yang sudah di bulat2kan, ukuran nya bebas ya, mau kecil, sedang atau besar....
  5. Didihkan air, masukkan 1sdm minyak makan agar nanti adona ga lengket saat direbus. lalu rebus cilok hingga mengapung. lalu tiriskan..
  6. Setelah semua cilok sudah beres direbus, kita lanjut megukus yaa.. tujuan nya agar cilok empuk dan ga alot. ga usah lama lama, kurleb 10menit aja...
  7. BUMBU SARDEN : tumis semua bumbu sarden hingga matang dan wangi, lalu masukkan bumbu sarden kaleng nya + air. pake api kecil aja yaa. masukkan garam, kaldu bubuk dan aduk rata kembali. lalu masukkan sebagian cilok dan biarkan hingga bumbu meresap atau hingga bumbu sedikit set yaa.. test rasa. jangan lupa di aduk2 agar rata permukaan cilok dengan bumbu...
  8. Jadi deh..taburi bawang goreng kalo ada, kalo ga ya gpp.. tinggal di cemilin bareng keluarga, teman atau mau dihabisin sendiri juga gapapa wkwkwkw...selamat mencoba yaa...

Coba resep cilok kenyal bumbu kacang berikut. Cilok kenyal terbuat dari tepung tapioka. Camilan ini disajikan dengan bumbu kacang. Cara membuat cilok - Siapa sih yang tidak tahu panganan yang satu ini? Cilok sudah sangat familiar untuk masyarakat Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasak Cilok bumbu Sarden Yang Gurih"

Posting Komentar

close