Resep Bubur Hintalu Karuang Anti Ribet

Bubur Hintalu Karuang. Bubur ini adalah kuliner khas Banjar, Kalimantan Selatan. Divideo kali ini, kami akan share video makanan yang biasanya ada di menu takjil, yaitu Bubur Candil atau dalam bahasa Banjarnya yaitu Bubur. Masukkan semua adonan bubur dalam satu wadah, tambahkan air sedikit demi sedikit dan aduk hingga merata.

Bubur Hintalu Karuang Bubur hintalu karuang kerap jadi menu andalan masyarakat Banjarmasin saat berbuka puasa. Adonan tepung yang dibulatkan, kemudian disiram saus santan dan gula merah sekilas mudah. Sebenarnya, hintalu karuang berasal dari daerah Kalimantan Selatan. Cara membuatnya tidak susah Bubur Hintalu Karuang menggunakan 22 bahan dan 7 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Bubur Hintalu Karuang

  1. Dibutuhkan Bahan Bulatan Telur :.
  2. Dibutuhkan 15 sdm tepung ketan putih.
  3. Siapkan 3,5 sdm tepung beras.
  4. Siapkan 100 ml air.
  5. Siapkan 1 sdm air rendaman kapur sirih (saya skip).
  6. Siapkan Bahan Kuah Gula Merah :.
  7. Siapkan 9 sdm gula merah (punya saya kurang pekat, bubur kurang cantik).
  8. Siapkan 2 sdm gula pasir.
  9. Siapkan Sejumput garam.
  10. Dibutuhkan 200 ml air.
  11. Dibutuhkan Bahan Kuah Bubur :.
  12. Siapkan 2 bungkus santan instant @65 ml.
  13. Siapkan 750 air.
  14. Siapkan 1 lembar daun pandan.
  15. Dibutuhkan 2 sdm tepung beras.
  16. Dibutuhkan 1/2 sdt garam.
  17. Siapkan 1 butir telur, kocok lepas.
  18. Dibutuhkan Topping :.
  19. Siapkan 1 bungkus santan instant 65 ml.
  20. Siapkan Sejumput garam.
  21. Siapkan 50 ml air.
  22. Dibutuhkan 1/2 lembar daun pandan.

Karuang artinya adalah kelelawar dalam bahasa Banjar. Pemberian nama ini karena biji salak yang terdapat dalam hintalu. Bubur Candil (Bubur Hintalu Karuang)- KALIMANTAN SELATAN. ►. Karuang adalah ngaran burung cucak-cucakan (Pycnonotidae) nang ketuju benyanyi.

Langkah Pembuatan Bubur Hintalu Karuang

  1. Bikin bulatan telur dulu : Campur semua bahan. Uleni sampai tidak lengket di tangan. Bentuk bulat bulat sebesar kelereng. Sisihkan..
  2. Bikin kuah gula merah : Campur semua bahannya. Masak hingga gula larut. Diamkan sebentar. Saring..
  3. Masak kuah bubur : Masukkan santan, gula merah,daun pandan. Aduk hingga rata. Masukkan air, masak hingga mendidih jangan lupa sambil diaduk terus agar santan tidak pecah..
  4. Kecilkan kompor, masukkan kocokan telur, aduk hingga telur berserabut. Masukkan bulatan telur..
  5. Tunggu hingga bulatan telur mengapung. Masukkan tepung beras yang sudah dilarutkan dengan air. Aduk rata. Masak hingga mengental. Matikan kompor. Tunggu hingga minimal 30 menit agar bulatan telur semakin berwarna gelap... Berhubung gula merah yang saya pakai kurang pekat, jadi warnanya kurang gelap..
  6. Bikin topping : Masak semua bahan topping hingga mendidih..
  7. Penyajiannya taruh bubur hintalu karuang di mangkok kemudian siram topping kuah santan di atasnya. Hmm. Sedapp. Bubur hintalu karuang enak dinikmati ketika masih hangat, buat yg suka dingin bole kok dikasi es batu ๐Ÿ‘Œ.

Dalam makanan Banjar, ada bubur nang dingarani hintalu karuang. Disebut Hintalu Karuang, karena wujud makanan itu mirip dengan telur burung. Ini bubur yang terbuat dari mutiara-mutiara sagu kecil, yang direbus dengan gula merah dan vanili. Sekarang saya recook resep Bubur Hintalu Karuang dari salah. Lupis, Pais pisang, Hintalu karuang, Wadai satu, Gincil, Katupat balamak, Bubur sagu, Serabi, Putri selat Makanan Khas Kalimantan Tengah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Bubur Hintalu Karuang Anti Ribet"

Posting Komentar

close