Cara Membuat Nasi lengko komplit khas tegal Untuk Pemula

Nasi lengko komplit khas tegal. Nasi sebagai elemen utama diganti ketupat (kupat) atau lontong, dan namanya pun menjadi kupat/lontong lengko. Ada jenis kuliner Tegal, Jawa Tengah yang nggak boleh kamu lewatkan, yaitu nasi lengko. Memiliki rasa yang enak dan harga yang murah, nasi ini dapat dengan mudah kamu jumpai Memiliki ciri khas tersendiri, jika kamu berwisata di Tegal, nggak lengkap rasanya jika nggak menjajal hidangan satu ini.

Nasi lengko komplit khas tegal Nasi lengko atau sego lengko merupakan nasi bungkus khas Cirebon dimana di dalamnya terdapat nasi putih , tempe, tahu, potongan mentimun, tauge, daun kucai , taburan bawang goreng dan bumbu rujak yang pedas. Ciri khas nasi lengko atau sego lengko yaitu tahu dan tempe yang dipotong. Nasi lengko ini berada di diberbagai daerah misalnya Indramayu, Brebes Tegal, Cirebon dan daerah lainnya. Cara membuatnya tidak susah Nasi lengko komplit khas tegal menggunakan 10 bahan dan 4 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Nasi lengko komplit khas tegal

  1. Dibutuhkan 2 piring Nasi hangat.
  2. Siapkan Oreg tempe/kering tempe.
  3. Dibutuhkan 1/2 buah Timun.
  4. Dibutuhkan 100 gram Toge.
  5. Siapkan Bawang goreng.
  6. Siapkan 4 buah Tahu goreng.
  7. Siapkan Kerupuk.
  8. Siapkan Tempe mendoan.
  9. Siapkan Sambel trasi.
  10. Siapkan Kecap manis.

Hidangan nasi lengko biasanya dihidangkan memakai perpaduan nasi juga mentimun, orek tempe, toge, kerupuk juga sambal kacang. Cara Membuat Nasi Lengko Lezat Khas Jawa Barat. COM - Mampir ke Kota Tegal, maka tidak lengkap jika Anda belum mencicipi kuliner khas yang ada. Lidah Anda akan dengan mudah dibuat terpikat.

Langkah Pembuatan Nasi lengko komplit khas tegal

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Cuci bersih toge dan rendam dlm air panas kurleb 3 menit,ngkt lalu tiriskan.potong2 tahu goreng,cuci bersih timun, kupas dan potong dadu.
  3. Siapkan nasi dlm piring lalu tata toge,timun,tahu,kering tempe..
  4. Tambahkan kerupuk,sambel trasi,kecap,dan tburkan bawang goreng.lengkapi dengn tempe mendoan dan tahu goreng utuh.

Nasi Lengko ini bukan hanya khas Tegal aja tapi juga bisa dikatakan khas Cirebon, Brebes, Tegal dan Pemalang oleh karena itu diberi judul khas Pantura yaitu pantai Utara Jawa yang dimaksud daerah yang saya sebutkan di atas. Nasi lengko ini sangat sederhana terdiri dari nasi putih dengan sayuran. Nasi lengko merupakan makanan khas dari berbagai daerah seperti daerah Tegal, Cirebon, Brebes, Indramayu dan lain sebagainya karena nasi lengko hampir tersedia disetiap daerah. Nasi lengko adalah salah satu jenis nasi yang dipadukan dengan berbagai macam lauk. Lengko Tegal adalah masakan khas Tegal yang mudah dibuat dan dapat dinikmati semua orang Bersama Bu Tina, masak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Nasi lengko komplit khas tegal Untuk Pemula"

Posting Komentar

close