Langkah Membuat Pepes tengiri bumbu merah khas jawa timuran Yang Enak

Pepes tengiri bumbu merah khas jawa timuran. Di Surabaya atau ala Jawa Timuran, pepes ikan dibuat menggunakan bumbu kuning yang dihaluskan serta ditambah dengan irisan belimbing wuluh untuk Berbeda daerah, berbeda pula ciri khas dari setiap hidangan masakannya. Di Surabaya atau ala Jawa Timuran, pepes ikan dibuat menggunakan. #Masakanjatim #Resepnenek #Kuliner Masakan Bumbu Merah Khas Jawa Timuran. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu untuk meracik bumbu pepes ikan mas adalah dengan menghaluskan bumbu yang harus dihaluskan dengan menggunakan cobek dan ulekan.

Pepes tengiri bumbu merah khas jawa timuran Kalau Anda penasaran bagaimana cara masak resep tersebut, ikuti saja artikel ini. Resep Ayam Bumbu Rujak Jawa Timur. Ada bumbu kuning dan putih, pepes ala jawa timuran berbumbu tajam dan pedas atau pepes ala sunda yang berbumbu ringan dan sedikit manis. Cara membuatnya tidak sulit Pepes tengiri bumbu merah khas jawa timuran menggunakan 16 bahan dan 4 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan Pepes tengiri bumbu merah khas jawa timuran

  1. Siapkan 1 kg ikan tengiri.
  2. Dibutuhkan 5 buah tomat iris tipis.
  3. Dibutuhkan 5 ikat kemangi.
  4. Dibutuhkan Daun pisang untuk membungkus.
  5. Dibutuhkan Bumbu halus.
  6. Siapkan 25 buah cabe rawit merah.
  7. Siapkan 15 buah cabe rawit merah.
  8. Dibutuhkan 8 buah kemiri (sangray).
  9. Dibutuhkan 5 lembar daun jeruk.
  10. Siapkan 2 sdt ketumbar bubuk.
  11. Siapkan 2 cm ruas kencur.
  12. Siapkan 2 sdt garam.
  13. Dibutuhkan 1 sdt kunyit bubuk.
  14. Siapkan 10 siung bawang putih.
  15. Dibutuhkan 8 siung bawang merah.
  16. Siapkan secukupnya Gula merah.

Pepes dengan bumbu halus atau pepes dengan bumbu iris, serta masih banyak lainnya. Jika sudah, kerang ditumis dengan bumbu rempah istimewa khas dari jawa timur. Semua bumbu yang telah dihaluskan akan di masukkan ke dalam air kaldu daging sapi dan kemudian dimasak hingga warnanya hitam. Resep pepes ikan mas maupun pepes ikan kembung merupakan kuliner peninggalan leluhur.

Langkah Pembuatan Pepes tengiri bumbu merah khas jawa timuran

  1. Potong2 ikan tengiri kemudian marinasi dengan perasan air jeruk lemon dan garam diamkan minimal 30 menit.
  2. Haluskan semua bumbu halus (tips jika menggunakan blender haluskan cabe dan daun jeruknya saja untuk bawang merah, bawang putih dan kemiri bisa diahaluskan manual dengan cobek) hal ini agar tekstur dan aroma bumbu lebih sedap.
  3. Campurkan bumbu halus dan ikan ke dalam baskom kemudian tambahkan irisan tomat dan tambahkan daun kemangi (pada resep ini g pake kemangi keabisan kemangi)😄😄bungkus menggunakan daun pisang dan tutup kedua ujung pepes menggunakan tusuk gigi, kemudian kukus selama 30 menit.
  4. Setelah 30 menit angkat dan panggang di atas teflon agar pepes lebih wangi dan beraroma. Pepes ikan siap dihidangkan bersama nasi hangat.

Yuk bunda mencoba membuat pepes ikan mas bumbu kuning yang sehat dan bergizi tinggi ini. Demikian informasi Resep Sate Ikan Tenggiri Khas Palembang, semoga berguna Resep Cara membuat Rawon enak dan lezat Khas Jawa timur Resep Cara membuat Rawon enak dan lezat. Ciri khas sego pecel Madiun adalah penyajiannya yaitu dengan cara dipincuk atau diletakkan di alas daun pisang yang sudah dilipat. Kalau mampir ke Kediri, jangan lewatkan kuliner yang satu ini ya. Pecel Kediri terkenal banget dengan bumbu kacangnya yang nendang juga halus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Membuat Pepes tengiri bumbu merah khas jawa timuran Yang Enak"

Posting Komentar

close