Resep Biji salak ubi jalar tepung ketan Legit dan Nikmat

Biji salak ubi jalar tepung ketan. Tepung Kanji atau biasa disebut juga tepung. Jika bulatan candil memakai tepung ketan, maka lain halnya dengan biji salak yang menggunakan ubi tumbuk. Biji salak kemudian dimasak dalam kuah gula kental Dalam wadah, campur ubi halus, tepung sagu, gula dan garam.

Biji salak ubi jalar tepung ketan Menurut saya olahan biji salak ubi ini cocok sekali dibuat saat cuaca hujan seperti sekarang ini. Rasanya yang enak, kenyal dengan citarasa manis legit dari saus gula Jawa dan gurihnya santan sungguh pas dan nikmat dilidah. Sangat cocok untuk camilan anak yang lezat dan juga pas untuk. "Biji salak berasal dari kuliner Betawi, terbuat dari bola-bola ubi jalar yang dicampur dengan tepung tapioka kemudian direbus," jelas Candil terbuat dari campuran tepung beras ketan dan air yang dibuat bulatan kemudian direbus. Cara membuatnya tidak susah Biji salak ubi jalar tepung ketan menggunakan 17 bahan dan 6 langkah. Berikut cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan Biji salak ubi jalar tepung ketan

  1. Siapkan Bahan Biji Salak (bola ubi).
  2. Dibutuhkan 200 gram ubi jalar kukus.
  3. Siapkan 200 gram tepung ketan.
  4. Dibutuhkan 3 sdm tepung tapioka.
  5. Dibutuhkan 50 ml air.
  6. Siapkan Bahan Kuah Gula Merah.
  7. Siapkan 700 ml air.
  8. Dibutuhkan 250 gram gula merah.
  9. Siapkan 50 gram gula pasir.
  10. Siapkan 1 lembar daun pandan.
  11. Siapkan Bahan Pengental (aduk rata).
  12. Siapkan 3 sdm tepung tapioka.
  13. Siapkan 5 sdm air.
  14. Siapkan Bahan Saus Santan.
  15. Siapkan 100 ml santan sun kara (1 1/2 bungkus @65ml).
  16. Dibutuhkan 1 sdt garam.
  17. Dibutuhkan 1 lembar daun pandan.

Jadi bisa disebut jika candil yang benar tidak ada campuran ubi jalar. Sajikan kolak biji salak ubi ungi di rumah sebagai menu takjil buka puasa. Rasanya yang lezat dan nikmat akan membuat anda ketagihan. Kolak biji salak ubi ungu sangat cocok dijadikan sebagai menu takjil hari ini.

Langkah Pembuatan Biji salak ubi jalar tepung ketan

  1. Ubi kukus dihaluskan dan masukan ke dalam wadah. Campurkan dengan semua bahan kering biji salak dan tambahkan air sambil ulenin.
  2. Bentuk bulat2 kira2 ukuran diameter 2 cm.
  3. Rebus semua bahan kuah gula merah sampai mendidih lalu saring.
  4. Hasil saringan kuah gula merah dimasak kembali sambil masukan semua bola2 ubi ke dalamnya sampai semua matang atau mengapung, sambil masukan bahan pengental yg sudah diaduk rata. Setelah mendidih lalu angkat dan sisihkan.
  5. Masak bahan saus santan di tempat terpisah sampai mendidih dengan menggunakan api kecil dan sambil diaduk agar santan tidak pecah..
  6. Siap dihidangkan.

Menu takjil yang satu ini pas untuk anda yang ingin sajian. biji salak tepung ketan. tepung tapioka (kanji). Bubur biji salak. ubi rambat, tepung sagu, gula halus, garam, air hangat, Bahan bubur, tepung sagu, air. Pertama kali buat ini langsung berhasil 😉 ,,mengolah ubi dengan cara berbeda memang menyenangkan, biasanya kalo. Bunda dapat menggunakan ubi jalar ungu maupun ubi jalar kuning, namun saya sarankan pilih yang kuning bunda supaya tampilannya lebih bagus. Resep kolak biji salak warna warni bisa anda buat dengan penambahan pewarna makanan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Biji salak ubi jalar tepung ketan Legit dan Nikmat"

Posting Komentar

close