Resep 39. Sayur Asem Jawa Timur Yang Enak

39. Sayur Asem Jawa Timur. Cara Membuat Sayur Asem Jawa Timur. Sayur asem terkenal dengan rasanya yang segar dan cocok disajikan dengan ikan goreng. Dari aneka sayur asem, resep sayur asem jawa Timur ini terbilang paling ringan rasanya.

39. Sayur Asem Jawa Timur Sayur Asem atau Sayur Asam ala Jawa Timur memiliki keunikan memakai kecambah dari kedelai. Sayur asem Jawa Timur lebih ringan, terasa segar, pedas, dan gurih yang nikmat. Sayur asem Jawa Timur ini layak jadi menu utama ataupun pendamping acara makan-makan dengan keluarga. Cara membuatnya tidak sulit 39. Sayur Asem Jawa Timur menggunakan 13 bahan dan 4 langkah. Berikut cara memasak nya.

Bahan yang diperlukan 39. Sayur Asem Jawa Timur

  1. Dibutuhkan 1 Ikat Kacang Panjang.
  2. Siapkan 1/4 Kg Kecambah Kedelai.
  3. Siapkan Bahan Bumbu Halus.
  4. Siapkan 6 Siung Bawang Merah.
  5. Siapkan 3 Siung Bawang Putih.
  6. Dibutuhkan 2 Buah Cabe Rawit.
  7. Siapkan 2 Buah Cabe Merah Besar.
  8. Dibutuhkan 1/4 Sdm Terasi.
  9. Dibutuhkan Secukupnya Gula.
  10. Siapkan Secukupnya Garam.
  11. Dibutuhkan Bahan Bumbu Utuh.
  12. Dibutuhkan 1 Ruas Jari Lengkuas.
  13. Siapkan Secukupnya Asam Jawa.

Jadikan akhir pekan semakin semarak dengan kehadirannya! Lain halnya dengan salah satu versi sayur asem Betawi yang menggunakan oncom serta kacang dengan kulitnya, versi Jawa. Sayur asem khas Jawa Timur ini tidak kalah nikmat dengan sayur asem lainnya. Untuk itu patut bagi anda untuk mencoba dan membuatnya.

Cara Pembuatan 39. Sayur Asem Jawa Timur

  1. Potong kacanh panjang, ukuran sesuai selera. Kemudian cuci bersih, selanjutnya bersihkan bagian akar kecambah lalu cuci..
  2. Siapkan bahan untuk bumbu halus yaitu cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, gula, dan garam lalu haluskan..
  3. Didihkan 1 liter air, lalu masukkan kacang panjang. Tunggu beberapa menit hingga air mendidih dan masukkan kecambah. Tunggu hingga mendidih ketiga kali lalu masukkan bumbu halus, masukkan asam jawa. Cek rasa manis asin sesuai selera. Saya tidak menggunakan penyedap rasa, bagi yang ingin silahkan saja. Tunggu hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih cek rasa, jika sudah sesuai maka sayur asem siap di sajikan. Selamat menikmati.

Tuangkan santan dan air asam Jawa kemudian masak sambil sesekali diaduk-aduk sampai bumbu meresap dan sayur matang. Tata potongan lontong ke dalam mangkuk hidang, sirami sayur asem, taruh telur balado, taburkan kerupuk dan bawang goreng. Kebetulan suami saya orang jawa timur yang lama merantau, sekarang tinggal di purwokerto. Sayur ini unik karena namanya asem-asem tapi tidak pakai asem. Buat mengobati kangen kampung halaman, kita biasa bikin ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep 39. Sayur Asem Jawa Timur Yang Enak"

Posting Komentar

close